Selamat Datang di Blog Mey Qo Anx Max

Friday, May 20, 2011

Desain Website yang Bagus Gimana Sih?! (Part-2, Untuk Portal)

Nah, sekarang mari kita bahas tentang Desain yang ideal untuk setiap tipe website yang sudah kita bahas posting sebelumnya.
1. Portal
Website tipe portal seharusnya memiliki desain yang minimalis. Dengan penggunaan warna yang seragam dan senada, serta tidak banyak ‘distraction’. Hal ini karena portal dirancang untuk memberikan informasi yang sangat beragam. Sehingga untuk membagi perhatian dan mengarahkan mata visitor pada seluruh bagian perlu desain yang mempergunakan warna warna yang senada.
Website tipe portal yang memiliki terlalu banyak warna akan menyebabkan fokus pandangan visitor tertuju dan terpaku pada bagian tersebut. Lain lagi jika yang terjadi adalah penggunaan warna yang banyak sekali dan saling kontras, ini akan menyebabkan kebingungan dan ‘sakit’nya mata visitor.
Jadi penggunaan warna haruslah diperhatikan dengan sangat cermat. Warna dominan yang biasa digunakan untuk tipe portal adalah warna warna seperti putih, atau abu abu. Sedangkan untuk menunjukkan ‘personality’ dapat digunakan warna yang sesuai. Misalnya, biru untuk kesan profesional, hijau untuk kesan asri, jingga untuk kesan terbuka, dan seterusnya. Namun ingat, penggunaan warna ini haruslah duo tone. Jadi Putih/Abu-Abu dengan Biru, atau Putih dengan hijau, dan seterusnya. Jangan sekali kali lebih dari itu, karena akan merubah fokus dan menyakitkan mata visitor seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya.
Untuk penggunaan warna ketiga, bisa dilakukan asal diniatkan sebagai icon ataupun ‘flashes’. Artinya, penggunaan ornamen ornamen kecil yang memiliki warna yang berbeda, namun tetap menjaga kesinambungan warna dari keseluruhan isi situs. Flashes sendiri tidak boleh digunakan terlalu banyak, karena akan merusak tampilan keseluruhan. Sedangkan icon harus punya tampilan atau ‘feel’ yang serupa. Berikut adalah contoh flashes.
Flashes 120-flashes2.gif20-flashes3.jpg20-flashes4.gif
Penggunaah header bisa secukupnya, tidak perlu makan space terlalu banyak. Dan menu navigasi dapat diletakkan dibawah header, atau disebelah kiri. Sedangkan untuk banner, usahakan seminimal mungkin gambar bergerak untuk mempercepat loading. Jika harus, gunakan flash untuk mempercantik dan mempercepat loading.
Intinya, karena informasi yang disajikan banyak, usahakan untuk secara proporsional dalam membagi fokus pandangan visitor. warna yang mencolok dan gambar animasi yang berlebih akan menyebabkan bingungnya visitor. Ibaratnya visitor ada dalam pasar yang seluruh pedagangnya teriak teriak menawarkan barang dagangan yang membuat telinga anda sakit.
Secara umum seperti itulah desain yang bagus untuk tiper portal. Tipe lainnya insya Allah menyusul :)
Terakhir, sebagai referensi contoh desain yang pas dan bagus untuk website tipe portal adalah, www.Yahoo.com , bandingkan dengan KapanLagi.com dan Astaga.com ;) keliatan banget bedanya

No comments:

Post a Comment