Selamat Datang di Blog Mey Qo Anx Max

Wednesday, March 23, 2011

Merapikan tampilan blog

Edit TemplateMerapikan atau mengedit yang saya maksud disini bukan berarti tampilan blog-nya acak- acakan. Namun lebih banyak, ‘bagaimana membuat tampilan blog lebih dinamis’. Mungkin para pembaca disini lebih suka melihat atau memiliki tampilan blog yang dinamis ketimbang statis. Setuju… ?

Sedikit kembali keawal ketika baru pertama kali membuat blog ( Blogger ) pada bagian akhir kita disuguhkan untuk memilih theme yang diberikan Blogger secara default. Namun kita dapat menggantikannya dengan theme yang lain. Banyak sekali situs yang menyediakan theme untuk blog secara gratis diinternet. Silahkan anda cari disini.

Seperti tampilan blog saya ini, sudah beberapa kali di-edit. Tampilan default-nya tidak lah seperti ini. Ada beberapa bagian yang berubah (versi update - 9 Maret 09) antara lain: [...]
  1. Pada baris judul Web Browser saya tampilkan judul postingan. Efek ini akan tampil ketika anda meng-klik Read more pada sebuah posting artikel. Tujuannya mungkin lebih mudah ter-indeks oleh Search Engine seperti Google.
  2. Meratakan teks posting atau artikel ( Justify ) rata kiri-kanan. Sebelumnya secara default teks posting / artikel di-blog ini rata kiri. Tujuannya agar tampilan postingan tampak rapi dan elegan.
  3. Menambahkan judul posting / artikel dibelakang Read more. Seperti ini : Read more >> (judul postingan / artikel) Tujuannya agar sikron dengan teks diatasnya.
  4. Menghilangkan angka dibelakang Label. Angka tersebut menyatakan jumlah posting / artikel yang memiliki label yang sama. Ini untuk menghidari kerancuan, karena ada beberapa artikel memiliki banyak label.
  5. Menambahkan Widget Google Translate. Tujuannya - mungkin para visitors diblog kita bukan orang Indonesia, maka dengan tersedia widget ini mereka dapat dengan mudah mengganti dengan bahasa yang mereka pilih.Akhirnya mereka dapat membaca artikel kita dengan mudah.
Untuk melakukan hal diatas, dapat dilakukan dibagian Edit HTML pada bagian Pengaturan dan Tata Letak. (Setting and Layout). Banyak sekali artikel-artikel atau tutorial diinternet yang membahas hal diatas. Secara pribadi saya mengucapkan banyak terimakasih kepada mereka yang mendedikasikan dirinya untuk para blogger.

Mari kita berkreatifitas membuat tampilan blog agar terlihat dinamis. Namun perlu diingatkan jangan sampai membuat berat saat loading, ketika orang membuka blog kita. Akhirnya semoga tulisan ini berguna bagi para pembaca sekalian.

5 comments: